Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Persiapan Pengantap Berlangsung Aman dan Lancar

Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Persiapan Pengantap Berlangsung Aman dan Lancar

Lombok Barat, NTB – Pengamanan kegiatan tradisi adat nyongkolan di dusun Sap Baru  Desa Persiapan Pengantap, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat berjalan denga naman tertib dan lancar, Rabu (9/11/2022).

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan pengamanan sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dalam kegiatan Masyarakat menonjol.

“Dengan terjaganya keamanan dan ketertiban di Tengah Masyarakat, maka masyarakat akan tetap merasa nyaman dalam melakukan aktifitasnya,” ungkapnya.

Sehingga agar tidak sampai terganggunya aktifitas Masyarakat, jajarannya mengintensifkan kegiatan pengamanan, dengan tetap mengedepankan cara humanis.

“Dalam kegiatan tradisi nyongkolan kan melibatkan orang banyak, jadi untuk meminimalisir segala bentuk potensi kerawanan yang ada,” imbuhnya.

Nyongkolan yang berlangsung yakni, nyongkolan warga dusun blongas desa persiapan blongas  menuju Dusun Sap Baru  Desa Persiapan Pengantap.

“Adapun rute pengamanan nyongkolan ini, pihak mempelai laki laki berasal dari dusun blongas, yang mana pihak mempelai laki laki mulai star dari jalan raya utama buwun mas sekotong,” ucapnya.

Iring-iringan menggunakan jalur utama, dengan cara berjalan dengan arak arakan menuju rumah mempelai perempuan di Dusun Sap Baru. Dengan alat musik berupa satu grup kecimol mengirinya dengan kapasitas warga dari dusun blongas desa persiapan blongas.

“Adapun jumlah peserta dengan perkiraan kurang lebih 150 orang,” imbuhnya.

Adapun kegiatan yang personil polsek sekotong yang melaksanakan pengamanan, dengan mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan.

“Agar dalam proses tradisi adat tidak menemui kendala dan mencegah dari terjadinya permasalahan yang dapat meluas hingga akhir pelaksanaan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.