Polsek Sekotong Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Desa Persiapan Blongas

Polsek Sekotong Gelar Penyluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Desa Persiapan Blongas

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong bekerjasama dengan Poliklinik Pratama Polres Lobar dan UPT BLUD Puskesmas Sekotong, melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Jumat (28/10/2022).

Bertempat di Vihara Giri Ratna Surya Lenong Dusun Makam Kedaro, Desa Persiapan Blongas Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, warga antusias mengikuti kegiatan ini. Memeriksakan kesehatan serta mengikuti penyluhan Kesehatan tersebut.

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan Pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan TTV (Tanda-tanda Vital). Kemudian pengobatan serta pemberian vitamin.

“Untuk semua kalangan, tidak terbatas orang dewasa saja, Tim Kesehatan juga melakukan pengobatan terhadap anak-anak,” ungkapnya.

Kapolsek menegaskan bahwa, Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat ini memberikannya secara gratis.

“Terutama untuk beberapa penyakit karena buruknya sanitasi dan sumber air yang tidak layak pakai. Sehingga Polsek Sekotong berinisiatif untuk melakukan tindakan preventif dan kuratif untuk warga di sekitar bantaran Sungai Bengkang. Hal inilah yang menantang peran kita semua untuk peduli,” bebernya.

Pengobatan cuma-cuma bagi masyarakat terpencil atau daerah pegunungan Dusun Makam Kedaro, sedangkan penyuluhan kesehatan dan sanitasi melalui tayangan film dan diskusi langsung.

“Dari kegiatan ini harapannya bisa meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat sekitar pegunungan/daerah terpencil di Desa Persiapan Blongas. Sehingga masyarakat tak lagi membuang sampah ke sungai,” harapnya.

Bakti sosial pengobatan gratis mendapat respon positif warga masyarakat yang berbondong-bondang datang untuk berobat gratis yang di mulai dari jam 08.30 WIB hingga 12.00 Wta.

“Pelayanan ini kami berikan gratis, jadi masyarakat apabila mengeluh sakit dapat di konsultasikan kepada Tim Medis dan Tenaga Kesehatan pada giat Bakti Sosial hari ini”.

Menurutnya, pihaknya akan terus mengoptimalkan Program ini, guna membantu kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat dapat terus beraktivitas seperti biasa.

“Bakti Sosial ini merupakan bentuk pengabdian dan pelayanan polisi kepada masyarakat juga sebagai bentuk dukungan dalam menciptakan masyarakat sehat. Kemudian lingkungan bersih khususnya di daerah terpencil atau pegunungan,” pungkasnya.

Kali ini, sebanyak 35 orang yang mengikuti pengobatan gratis, dan untuk kedepannya akan melaksanakannya secara berkesinambungan.

“Khususnya, dari Polsek Sekotong akan menggandeng pihak Desa dan Puskesmas untuk mengadakan pelayanan pengobatan gratis ini,” imbuhnya.

Dalam pengobatan dan pemeriksaan Kesehatan gratis ini, menemukan beberapa keluhan dari masyarakat hasil pemeriksaan dari tim medis dan tenaga Kesehatan. Antara lain Ispa sebanyak 2 orang, Myalgia sebanyak 14 orang, Hipertensi sebanyak 1 orang, Gerd sebanyak 1 orang.

Kemudian ada juga Oma sebanyak 1 orang, Hiperkolesterol sebanyak 1 orang, Gastritis sebanyak 3 orang, Dermatitis sebanyak 4 orang. Selain itu Suspect TB sebanyak 3 orang, Brochnitis sebanyak 2 orang, Migren sebanyak 1 orang dan ISK sebanyak 1 orang.

“Masyarakat dusun makam kedaro sangat menerima manfaatnya dengan datangnya tim puskesmas sekotong dan Poliklinik Polres Lombok Barat. Menyampaikan bahwa Masyarakat merasa sangat terbantu dapat menikmati layanan pengobatan gratis ini,” ujarnya.

Kapolsek juga berharap, kegiatan pengobatan gratis ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan Polri khususnya Polsek Sekotong.

“Sesuai pesan, petunjuk dan arahan Bapak Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, S.Ik untuk selalu hadir dalam membantu Masyarakat,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.