Polsek Lembar Amankan dan Kawal Tradisi Nyongkolan di Empat Lokasi

Polsek Lembar Amankan dan Kawal Tradisi Nyongkolan di Empat Lokasi

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar kawal dan amankan rangkaian kegiatan adat atau tradisi nyongkolan yang ada di Wilayah Hukum Polsek Lembar, Minggu (13/11/2022).

Kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Ipda I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom mengatakan untuk kegiatan tradisi nyongkolan hari ini berlangsung di empat titik Lokasi.

“Ada empat titik yang kami amankan, untuk pengamanannya melibatkan anggota jaga Polsek Lembar beserta Babinkamtibmas Polsek Lembar dan Babinsa dari Pos Ramil Lembar,” ungkapnya.

Adapun titik lokasi nyongkolan pada hari ini antara lain Warga Dusun Puyahan Ds. Lembar Selatan Menuju Dusun Jelateng Timur Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Kemudian Warga Desa Praya Lombok Tengah menuju Dusun Kambeng Barat Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok barat.

Ada juga dari Warga Desa Pelangan Kecamatan Sekotong menuju Dusun Bangket Lauk Desa Mareje Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Terakhir nyongkolan Warga Setempat di Dusun Apit aik Desa mareje timur Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

“Kegiatan nyongkolan di wilayah kecamatan Lembar mendapatkan pengamanan oleh pihak kepolisian Polsek Lembar. Dalam pelaksanaan nyongkolan engan cara berjalan kaki dengan di iringi arak arakan menuju dusun sesuai rute,” terangnya.

Iring-ringan ini berserta alat musik yang di gunakan berupa kecimol dan Gendang beleq dengan kapasitas warga diperkirakan kurang lebih 100-250 orang.

“Sehingga membutuhkan Langkah antisipasi, terutama terkait dengan arus lalulintas. Kemudian terkait kelancaran dan keamanannya, kita himbau untuk tetap tertib,” ujatnya.

Secara umum kegiatan berjalan aman dan kondusif, berakhir pukul 18.00 wita, pengamanan tetap melaksanakannya hingga kegiatan benar-benar berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.