Polres Lombok Barat Pantau Keberadaan Jalur Tikus di Wilayahnya, Imbangan Pra KTT G20 Bali

Pra KTT G20 Bali, Polres Lombok Barat Monitor Keberadaan Jalur Tikus di Wilayahnya

Lombok Barat, NTB – Selain memfokuskan kegiatan pengamanan di Pelabuhan Lembar, Polres Lombok Barat antisipasi keberadaan jalur tikus di Wilayahnya dalam kegiatan Imbangan pengamanan KTT G20 Bali, Selasa (01/11/2022).

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK mengatakan dalam pelaksanaan KTT G20 di Bali ini, Polda NTB, dan Polres Lombok Barat termasuk merupakan Polda dan Polres Penyangga.

“Sehingga Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan Imbangan berupa kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Meliputi kegiatan Preemtif, Preventif, dan kegiatan represif, yang memfokuskannya pada pintu-pintu masuk Pelabuhan,” ungkapnya.

Untuk di Wilayah Lombok Barat itu sendiri, memiliki satu Pelabuhan resmi yaitu Pelabuhan Lembar dan beberapa jalur tikus yang berada di Kabupaten Lombok Barat.

“Ada 10 jalur tikus dan kebanyakan di wilayah Sekotong, ini termasuk tempat yang kita monitor. Sehingga harapannya nanti lalu lintas orang perahu bisa dimonitor memperketat selama pelaksanaan KTT G20,” ucapnya.

Antisipasi dan Cipta Kondisi menjelang G20, salah satunya melakukan pemeriksaan terhadap orang dan juga barang yang menuju ke Bali.

“Sebenarnya kegiatan rutin ini setiap saat telah melaksanakannya, namun kita tingkatkan menjelang pelaksanaan KTT G20. Dengan harapan pelaksanaan KTT G20 di Bali nanti menjadi aman,” jelasnya.

Kemudian kegiatan preemtif melibatkan Satuan Binmas (Sat Binmas) untuk Cipta Kondisi melakukan sambang ke Masyarakat. Memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk mensukseskan pelaksanaan KTT G20 ini.

Sedangkan Tindakan represif dilakukan, apabila menemukan kasus-kasus hukum di lapangan, akan menindaklanjutinya dengan penegakan hukum.

Di sisi lain untuk di area Pelabuhan Lembar Lombok Barat, tim samapta Polres Lombok Barat juga melibatkan dua anjing pelacak untuk melakukan pelacakan barang masyarakat yang akan melintas dari Pelabuhan Lembar menuju Bali selama KTT G20 berlangsung.

“Ini berkaitan dengan ancaman teror dan kelompok radikal. Kita sudah latih untuk dua anjing pelacak. Dua ini bisa melacak bahan peledak dan narkotika,” ucapnya.

Sedangakan terkait dengan pelibatan personel, pelaksanaannya terpusat di Polda NTB. Sehingga sesuai dengan permintaan Polda NTB polres Lobar menerjunkan sebanyak 40 orang personel untuk mengantisipasi cipta kondisi jelang KTT G20.

“Pengawasan kita tingkatkan pra G20. Karena kan Polres Lombok Barat dan Polda NTB termasuk bagian back up Polda Bali selama KTT G20 di Bali nanti,” katanya.

Pada intinya Polres Lombok Barat akan terus berkoordinasi untuk mensukseskan pelaksanaan KTT G20 di Bali yang berlangsung tanggal 15 November 2022 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.