Polisi Bantu Warga Terdampak Air Laut Pasang di Lembar Selatan, yang Rendam 20 Rumah Warga

Polisi Bantu Warga Terdampak Air Laut Pasang di Lembar Selatan, yang Rendam 20 Rumah Warga

Lombok Barat, NTB – Akibat tingginya curah hujan di Wilayah Lembar dan sekitarnya, mengakibatkan banjir yang mengenangi beberapa pemukiman warga Dusun Lembar barat, Desa Lembar Sekatan, Selasa (18/10/2022).

Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, SH. M.I.Kom bersama Jajarannya turun langsung melaksanakan pemantauan banjir, yang mengenangi beberapa pemukiman warga.

“Adapun jumlah pemukimam warga yang tergenang air sebanyak 20 rumah dengan ketinggian air kurang lebih mata kaki orang dewasa. Gendangan air masuk kepemukiman warga diakibatkan banyaknya sampah yang numpuk di saluran gorong-gorong,” ungkapnya, Rabu (19/10/2022).

Sehingga membuat air tidak dapat mengalir secara normal ke saluran pembuangan, serta diperparah naiknya air laut (pasang) yang menyebabkan air meluap dan masuk kepemukiman warga.

“Hingga berdampak terhadap 20 kepala keluarga, atau 72 jiwa di Dusun Lembar barat, Desa Lembar Sekatan ini,” ujarnya.

Saat ini upaya dari warga masyarakat melaksanakan pembersihan sampah-sampah yang tersumbat di saluran pembuangan air. Serta mendapat bantuan dari instansi terkait seperti Tagana, Dinsos dan PMI Kabuapten Lombok Barat.

“Gendangan air sudah menyurut, namun dengan intensitas hujan belum berhenti dan alat penyedotan belum ada. Sehingga membuat warga yang tempat tinggalnya lebih rendah dari saluran air masih tergenangi air dan warga setempat hanya bisa waspada adanya air kiriman,” pungkasnya.

Untuk saat ini situasi wilayah hukum Polsek Lembar masih terpantau aman dan kondusif tidak terdapat korban jiwa yang diakibatkan tingginya curah hujan (cuaca extrim).

“Personil Polsek Lembar turut membantu melaksanakan pengurasan air hujan yg masuk ke rumah warga,, . Yang mana untuk saat ini Tagana, Dinsos, PMI, Personil Polres Lobar dan Polsek Lembar masih Standby di Lokasi,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.