Penebangan Atau Perampingan Pohon Telah Memasuki Hari Ketiga, Upaya Cegah Pohon Tumbang

Penebangan Atau Perampingan Pohon Telah Memasuki Hari Ketiga, Upaya Cegah Pohon Tumbang

Lombok Barat, NTB – Kegiatan penebangan atau perampingan pohon dari Dinas Perkim (perumahan pemukiman) Kabupaten Lombok Barat telah memasuki hari ketiga, Kamis (13/10/2022).

Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom saat melakukan pengamanan menjelasakan tujuan dari pelaksanaan penebangan atau perampingan pohon ini.

“Tujuannya adalah dalam rangka mengantisipasi adanya pohon tumbang susulan akibat perubahan cuaca hari ke tiga jalur utama Lembar – Sekotong. Tepatnya di depan rumah makan remaja indah Dsn. Lawang Kute Ds. Lembar Selatan Kec. Lembar Kab. Lobar,” ungkapnya.

Kegiatan penebangan pohon yang dilaksanakan oleh Dinas Perkim (perumahan pemukiman) Kab. Lobar sebagai tindak lanjut adanya beberapa pohon tumbang.

Yang telah terjadi dan bertujuan untuk meminimalisir perubahan cuaca di musim penghujan yang di sertai angin sehingga menyebabkan pohon tumbang dan gangguan jaringan listrik.

“Gangguan listri bisa saja terjadi akibat sentuhan ranting pohon khususnya di jalan utama Lembar Sekotong  yang banyak terdapat pohon – pohon besar dan lapuk. Sehingga berpotensi akan membahayakan pengguna jalan dan masyarakat lainnya,” pungkasnya.

Untuk pelaksanaan penebangan/ perampingan  pohon dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari.

“Selanjutnya akan menjadwalkan kembali dan pohon yang di tebang atau perampingan hari ini sebanyak 6 pohon. Penebangan atau Perampingan lanjutan akan di jadwalkan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan kegiatan penebangan pohon berakhir pukul 13.30 wita berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

“Untuk pengaturan arus lalin mengunakan sistem buka tutup baik dari arah Lembar dan arah Gerung,” tutupnya.

Dalam kegiatan ini melibatkan personel Polsek Lembar, Posramil Lembar, Dinas Perkim Kab. Lobar, Dinas LH Kab. Lobar. Kemudian ada juga dari Dinas Perhubungan Kab. Lobar, Badan nasional penangulangan bencana (BNPB) Kab. Lobar. Lalu PLN, Personel Polres Lombok Barat, Pol PP Kab. Lobar, Trantib Kec. Lembar, Staff Desa. Tidak ketinggalan pula dari Perangkat kewilayahan (Kadus) Lembar Selatan dan Masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.