Pelabuhan GIilimas PT Pelindo Lembar bersiap Terima Kunjungan Kapal pesiar MV Regatta

Pelabuhan GIilimas PT Pelindo Lembar bersiap Terima Kunjungan Kapal pesiar MV Regatta

Lombok Barat, NTB – Pertemuan membahas kunjungan Kapal pesiar MV Regatta berlangsung di ruang Rapat Ksop Lembar terkait dengan koordinasi Kesiapan pengamanan, Jumat (11/11/2022).

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi ini melibatkan dari – Ksop Lembar, TNI-AL, Polda NTB, PT Pelindo Lembar, KKP Lembar, Bea Cukai NTB. Kemudian dari Imigrasi, Karantina Hewan dan tumbuhan, Polres Lobar melalui Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dan Polsek Lembar. Lalu ada juga dari PT Ben Line serta Agent Lombok Paradise.

Kasi KBBP Ksop Lembar Brosol menyampaikan bahwa pertemuan ini membahas mekanisme pengamanan dan pelaksanaan kedatangan Kapal cruise MV REGATTA. Bertempat di Pelabuhan Gilimas Lembar pada tanggal 14 November 2022.

“Yang mana kedatangan Kapal cruise MV Regatta ini bertepatan dengan kegiatan KTT G20 Nusa Dua Bali,” ungkapnya.

Kemudian dari PT Pelindo memaparkan terkait Flow Pelayanan Cruise Terminal pelabuhan Gilimas PT Pelindo.

“Pelabuhan Gilimas Juga akan dipakai sandar KRI oleh Tni Angkatan Laut nantinya tim pengaman internal akan melakukan pengamanan di Dermaga,” ungkap Maneger Peti Kemas PT Pelindo Lembar Denny Stiawan.

Sedangkan dari KKP Lembar, Datu K. Jati menyampaikan bahwa kedatangan Kapal Cruise kita harus memberikan pelayanan prima.

“Tim Nakes standby satu jam sebelum Sandar dan menyiapkan Keterangan Vaksin maupun dokumen Kelengkapan Lainnya. Kemudian untuk pemeriksaan kesehatan dan Prokes dilakukan di atas kapal,” pungkasnya.

Lalu dari pihak Imigrasi dan Bea cukai nantinya hanya melakukan pengawasan, mengingat pengecekan keseluruhan sudah dilakukan di Imigrasi maupun Bea cukai Kupang NTT.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman, S.Tr.K mengatakan terkait personil pengamanan di pelabuhan Gilimas sudah di siagakan 22 personil.

“Namun personil tersebut untuk pengamanan G20 dan WSBK Mandalika, untuk pengamanan Kapal Pesiar akan mengkoordinasikannya kembali untuk Penabahan personil Pengamanan secara terbuka maupun tertutup,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kapolsek Lembar Ipda I Ketut Suriarta, SH., M.Ikom terkait dengan pengamanan oleh jajarannya.

“Untuk pengamanan Jalur pesonil kami akan secara maksimal melakukan pengamanan dengan sistem patroli. Pada kesempatan ini juga kami sampaikan pihak pihak terkait agar selalu berkoordinasi dengan pihak keamanan,” ucapnya.

Dalam pertemuan ini menyimpulkan bahwa seluruh Stekholde yang terlibat dalam Pengamanan Kedatangan Kapal Cruise di Pelabuhan Gilimas dinyatakan Sudan siap. Dalam memberikan Pelayanan secara prima Dan maksimal. Khusus untuk KKP Lembar, nantinya akan menjadi Garda terdepan dalam hal pengecekan Prokes di atas Kapal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.