Optimalkan Pengamanan Imbangan KTT G20, Polsek Sekotong Hingga Lakukan Patroli Laut

Optimalkan Pengamanan Imbangan KTT G20, Polsek Sekotong Hingga Lakukan Patroli Laut

Lombok Barat, NTB – Pelaksanaan KTT G20 di Bali, Polsek Sekotong terus mengoptimalkan kegiatan imbangan atau pengamanan di Wilayahnya, hingga melakukan patroli laut.

Bahkan kali ini melakukan Patroli Laut dengan menggunakan perahu nelayan monitoring pergerakan orang dan barang menuju Bali.

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan dalam kegiatan imbangan atau pengamanan KTT G20 ini mendapat dukungan dari Masyarakat setempat.

Dengan menggunakan perahu nelayan, Kapolsek Sekotong bersama personelnya melakukan pemantauan terhadap pulau-pulau kecil di Wilayahnya.

“Kegiatan patroli laut ini terlaksana berkat dukungan nelayan warga binaan, sehingga patroli laut menyisir beberapa gili yang ada di wilayah hukum Polsek Sekotong,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Iptu Kadek Sumerta menjelaskan bahwa kegiatan Patroli Laut ini tujuan utamanya untuk mengantisipasi pergerakan kelompok atau orang yang mencurigakan.

Termasuk juga terhadap barang bawaan menuju ke Bali melalui pelabuhan tikus ataupun gili yang bertujuan untuk antisipasi terjadinya ancaman. Yang dapat mengacaukan dan mengganggu kegiatan Presidensi KTT G-20.

“Jadi, kegiatan pengamanan melalui patroli ini tidak hanya fokus di wilayah daratan saja, sebab khususnya juga wilayah perairan dan pulai-pulau kecil yang tersebar di wilayah hukum Polsek Sekotong,” jelasnya.

Secara geografis, sekotong memang dikelilingi oleh pesisir pantai, pelabuhan pelabuhan tikus dan beberapa Gili.

“Sehingga perlu lebih optimal dilaksanakan secara bersamaan baik di darat maupun di laut untuk hasil pantauan yang maksimal,” katanya.

Kegiatan patroli laut berangkat dari Pelabuhan tikus yang ada di Dusun Batu Leong Desa Sekotong Barat menuju Gili Kedis. Kemudian melanjutkannya melakukan penyisiran ke Gili Sudak, Gili Tangkong dan Gili Nanggu.

“Saat tiba di Gili Nanggu, Kapolsek Sekotong beserta anggota memberikan himbauan kepada pengelola dan crew Rest & Cottage Gili Nanggu. Untuk ikut berperan aktif memberikan informasi terhadap pergerakan kelompok atau orang yang mencurigakan,” ujarnya.

Kemudian Kapolsek beserta tim Patroli melanjutkan penyisiran dari Gili Nanggu menuju Gili Poh, Gili Lontar dan Gili Penyu.

“Untuk memastikan hasil pantauan pergerakan orang dan barang yang patut dicurigai benar-benar steril dan aman,” jelasnya.

Dari Gili Penyu bertolak balik menuju beberapa pelabuhan tikus lainnya yang terpantau dari Patroli Laut.

“Antara lain pesisir pantai Gili Genting, pantai elak-elak, pelabuhan nelayan pengawisan, pantai mekar sari dan kembali menuju pantai Dusun Batu Leong,” imbuhnya.

Dari hasil kegiatan pemantauan melalui Patroli Laut serta pelabuhan pelabuhan tikus berakhir secara umum situasi masih dalam keadaan kondusif. Tidak menemukan orang maupun barang yang diduga patut dicurigai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.